Mengintip Perpustakaan Daerah di Jakarta

Dunia PerpustakaaN || Selama ini mungkin kita bertanya-tanya, punyakah kota kita sebuah perpustakaan daerah yang bisa diakses publik? Ternyata Jakarta memilikinya. Bahkan kegiatan perpustakaan daerah ini sudah ada sejak tahun 1950 yang dikenal dengan sebutan “Perpustakaan Kotapradja Djakarta Raja”. Mungkin karena sosialisasinya yang kurang, tidak banyak yang mengetahui keberadaan perpustakaan daerah yang belakangan dikenal dengan nama “Badan Perspustakaan dan Arsip Daerah Provinsi (BPAD) DKI Jakarta” ini.

Dalam perkembangannya, perpustakaan dan arsip daerah ini memposisikan dirinya sebagai sumber informasi serta sumber belajar dalam upaya menciptakan masyarakat Jakarta yang cerdas, informatif, akuntabel, dan memiliki daya saing dalam menghadapi era globalisasi informasi.
Gedung BPAD yang berada di Jalan Cikini Raya nomor 73, Jakarta Pusat, (saat ini sedang di rehab dan untuk sementara dipindahkan ke Depo Arsip Pulomas, Komplek Induk Gudang Pemprov DKI Jakarta Jalan Perintis Kemerdekaan No. 1, Pulo Gadung Jakarta Timur)  memfasilitasi warga Jakarta yang membutuhkan arsip atau dokumen baik lembar atau eksemplar sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Sementara perpustakaannya memiliki beberapa layanan. Seperti layanan peminjaman buku, layanan internet, layanan audio visual, layanan paket buku (dropping) bahkan layanan bercerita pun disediakan. Aktivitas bedah buku dan temu pengarang juga dilakukan disini. Tak hanya itu, lomba-lomba yang diharapkan dapat meningkatkan apresiasi dan unjuk prestasi pemustaka juga kerap dilaksanakan.
Koleksi buku yang disediakan perpustakaan daerah pun beragam. Diantaranya koleksi buku fiksi-nonfiksi, ensiklopedi, bibliografi daerah, serta surat kabar dan majalah yang terbit di ibukota ada disini. Tak hanya itu, koleksi sejarah dan budaya Jakarta pun lengkap dimiliki dalam bentuk buku, kaset, VCD, DVD sampai microfilm.
Jika ingin mengisi waktu dengan membaca buku, perpustakaan daerah ini terbuka untuk semua warga Jakarta. Cukup dengan membawa lembar fotocopy KTP atau Kartu Pelajar/Mahasiswa atau Kartu Keluarga serta foto berwarna ukuran 2×3 cm, masyarakat Jakarta bisa mengakses perpustakaan daerah Jakarta ini. Perpustakaan ini buka setiap hari mulai Senin hingga Ahad, sejak pukul 09.00 sampai pukul 20.00 WIB (kecuali hari libur nasional).
Berikut adalah alamat perpustakaan BPAD DKI Jakarta yang bisa diakses masyarakat Jakarta:
Gedung Nyi Ageng Serang Lt. VII & VIII
Jl. HR. Rasuna Said Kav. C22 Jakarta Selatan
Telp. 5263249
Kantor Perpustakan dan  Arsip Kota Administrasi Jakarta Pusat
JL. Kebon Jahe, Tanah Abang Jakarta Pusat
Telp. 3849254
Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Administrasi Jakarta Utara
Jl. Gereja Tugu No.21 Semper Jakarta Utara
Telp. 4400686
Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Administrasi Jakarta Barat
Jl. Tanjung Duren Barat No. 36 Jakarta Barat
Telp. 5664662
 
Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Administrasi Jakarta Selatan
Jl. Gandaria Tengah V/3 Kebayoran Baru Jakarta Selatan
Telp. 7201174
Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Administrasi Jakarta Timur
Jl. Jatinegara Timur IV Komp. Pendidikan Rawa Bunga
Telp. 8198929
 
Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Administrasi Kepulauan Seribu
Jl. Pulau Pramuka No. 9 Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu
Telp. 5457222
Dengan begitu banyaknya kantor perpustakaan daerah yang bisa diakses, diharapkan proses pencerdasan masyarakat Jakarta dapat terus terselenggara. Sehingga dapat meningkatkan taraf hidup warga kotanya. Jangan segan untuk bertandang, karena perpustakaan daerah ini milik semua warga Jakarta. Yuk, kita membaca di perpustakaan daerah!
About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s