Perpustakaan Pribadi dengan Koleksi Buku Terbanyak di Indonesia

Dunia PerpustakaaN || Fadli Zon Library kembali menerima penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI). Kali ini Fadli Zon meraih 3 rekor sekaligus, sebagai perpustakaan pribadi dengan koleksi mata uang logam kuno terlengkap, perpustakaan pribadi dengan koleksi jumlah buku terbanyak dan perpustakaan pribadi dengan koleksi prangko terbanyak.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh founder MURI, Jaya Suprana, di Fadli Zon Library, Jalan Danau Limboto C2/96, Benhil, Jakpus Senin (1/10/2012).

“Fadli Zon Library kembali tercatat dalam Museum Rekor Indonesia sebagai Perpustaan Pribadi dengan Koleksi Mata Uang Logam Kuno Terlengkap, Perpustakaan Pribadi dengan Koleksi Jumlah Buku Terbanyak dengan 26 ribu koleksi, serta Perpustakaan Pribadi dengan Koleksi Perangko Terbanyak,” ujar Jaya Suprana sembari memberikan piagam MURI kepada Fadli Zon.

Saat ditemui usai acara sebagaimana dilansir dari detikNews (2/10/12), Fadli mengaku sebenarnya masih banyak buku-buku yang belum terkatalog yang jumlahnya mencapai 15 ribuan. Namun untuk rekor ini hanya buku yang terkalogisasi saja yang dihitung.

“Sebenarnya masih banyak lagi yang belum terkatalogisasi sekitar 10-15 ribuan,” ujarnya.

Fadli menyebut koin kesultanan yang terkumpul berasal dari berbagai kesultanan di seluruh nusantara. Sedangkan untuk prangko, Fadli mengumpulkan edisi pertama hingga sekarang.

“Koin dari kesultanan mulai dari Majapahit, Samudera Pasai, Aceh, Banten, Sumenep, Mataram, Palembang, serta koin dari VOC, Hindia Belanda dan lain-lain,” jelasnya.

“Koleksi dari prangko-prangko yang dari prangko awal hingga terakhir,” sambungnya.

Sebelumnya pada 1 Juni 2011 lalu Fadli Zon Library juga menerima Penghargaan Rekor MURI sebagai Perpustakaan Pribadi dengan Koleksi Piringan Hitam Terbanyak, Perpustakaan Pribadi dengan Koleksi Keris Terbanyak serta Perpustakaan dengan Koleksi Koran Tua Terbanyak.

Perpustakaan yang telah ada sejak Januari 2008 ini selain tentunya tersedia berbagai koleksi buku ternyata juga ada koleksi-koleksi seni antara lain patung, foto, lukisan, ornamen, dan lain-lain yang terdapat di setiap lantainya.

Ada koleksi patung tokoh-tokoh seperti tokoh revolusi India, Mahatma Gandhi dan Proklamator Indonesia, Mohammad Hatta. Lukisan yang ada yakni lukisan pahlawan Jenderal Soedirman serta berbagai lukisan-lukisan lainnya yang menyebar di seluruh ruangan.

Acara pemberian penghargaan rekor MURI ini juga berbarengan dengan peluncuran buku Moerdiono yang juga bertepatan dengan peringatan satu tahun meninggalnya Mensesneg itu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s