Pemprov Jawa Timur Akan Bangun 3.400 Perpustakaan

Dunia PerpustakaaN || Menurut Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Pemprov Jatim, Mujib Affan, saat ini perpustakaan terdapat 1.734 desa saja. “Jika target tersebut terwujud maka 40 persen desa di Jawa Timur sudah punya perpustakaan,” kata Mujib di Surabaya, seperti dilansir dari okezone.com (4/10/12).

Dia berharap, dengan mudahnya akses ke perpustakaan mampu mematik minat masyarakat untuk datang dan membaca koleksi-koleksi buku di tempat itu. Ia mengatakan, target minat baca pada tahun 2014 ditargetkan naik  dari 42 persen menjadi 60 persen.  “Tahun depan (2013) kami targetkan minat baca naik menjadi 50 hingga 55 persen,” tandasnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Timur Saifulloh Yusuf, mengaku prihatin dengan minimnya minat baca masyarakat. Kondisi itu tentunya tidak berbanding lurus dengan kemajuan teknologi saat ini. Pria yang biasa disapa Gus Ipul ini menilai, peningkatkan minat baca masyarakat bisa melalui beragam cara.

Terutama, di daerah IPM (Indeks Pembangunan Manusia) masih rendah.  Contohnya, mulai menggunakan jalur struktural dan kultural dengan menjadikan keluarga sebagai sasaran, membuat kebijakan mematikan televisi pada saat jam belajar antara pukul 18.00-20.00 WIB, hingga memanfaatkan keberadaan teknologi untuk mengkampanyekan agar masyarakat gelar membaca.

“Semua itu harus diwujudkan, karena membaca adalah kata kunci bagi yang mau pintar dan kaya,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s