6 Dasar Standar Nasional Perpustakaan yang Harus Dipenuhi

Dunia PerpustakaaN || Perpustakaan  yang merupakan institusi pengelola koleksi karya cetak dan rekam  harus dikembangkan dan dilestarikan. Untuk itu keberadaan perpustakaan harus memiliki standar nasional,  baik SDM maupun, fasilitas  dan pendukungnya. Hal tersebut disampaikan  Ketua Gerakan Pemberdayaan Minat Baca (GPMB) Pusat, Bambang Supriyo Utomo, dalam acara uji publik standar nasional perpustakaan  2012 di Hotel Inna Garuda Yogyakarta, sperti dikutip dari jogjatv.tv Kamis (4/10).

Menurut Ketua GPMB Pusat, Bambang Supriyo Utomo,  kriteria perpustakaan nasional, selain  memiliki  kantor dan ruangan permanen, juga harus ditunjang tenaga kerja yang profesional atau SDM yang mengetahui fungsi dan manfaat perpustakaan.

Ada 6 dasar standar nasional perpustakaan yang harus dipenuhi, meliputi :koleksi buku yang memadai, sarana dan prasarana, pelayanan perpustakaan, tenaga perpustakaan, serta penyelenggaraan dan pengelolaan. Selain itu juga perlu ditunjang dengan jumlah anggota,  serta jangkauan  pustakawan yang luas.  Menurut Bambang, saat ini ada beberapa perpustakaan desa yang masih  menyewa tempat atau ruangan, jumlah koleksi buku terbatas,  sarana dan prasarana masih kurang, dan tenaga pengelola  belum maksimal. Jika beberapa hal tersebut belum terpenuhi  bakal menghambat  perkembangan perpustakaan,  dan standar perpustakaan nasional.

 “Untuk mendukung perkembangan perpustakaan, telah dilakukan berbagai upaya diantaranya, menggalakkan bintek dan pendampingan  pengelola perpustakaan, pengembangan bantuan buku, sarana,  serta menjalin kerjasama dengan berbagai pihak terkait,”kata Bambang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s