Arpusda Cianjur Sosialisasi Perpustakaan Keliling

Dunia PerpustakaaN || Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kabupaten Cianjur, terus melakukan sosialisasi tentang pentingnya membaca buku. Bentuk sosialisasi tersebut salah satunya melalui perpusakaan keliling.

Salah seorang pegawai Arpusda, Miftah didampingi Wati mengatakan, seminggu tiga kali di titik kecamatan selalu melaksanakan layanan perpusakaan keliling bagi para pelajar, mahasiswa dan umum. Sedangakan saat ini melaksanakan perpustakaan keliling di Jalan Printis Kemerdekaan (Jebrod) Cianjur yang menuju rute ke Kecamatan Cilaku. “Satu kecamatan bisa melayani enam titik tempat perpustakaan yang ada di kecamatan,” katanya, kemarin.

Menurutnya, perpustakaan keliling biasanya dalam satu mobil satu kecamatan. Sementara dalam sehari dua mobil yang terjun kelapangan. Untuk pemeberangkatan sendir dari mulai pukul 08:00 WIB sampai 02:30 WIB siang hari. “Alhadullah berkat sosialisasi perpustakaan keliling ini minat membaca masyarakat sudah meningkat signifikan. Terlebih sejak adanya perpustakaan desa tersebar hampir di sebagian wilayah kecamatan di Kabupaten Cianjur,” ujarnya, seperti dilansir dari radarsukabumi.com (5/10/12).

Dia memaparkan, dari 360 desa yang ada di Kabupaten Cianjur, hampir 187 desa sudah terlayani perpustakaan daerah. Sedangkan saat ini Arpusda baru memiliki dua unit mobil perpustakaan keliling khusus melayani wilayah perkotaan hingga ke Cibeber. “Untuk wilayah perkotaan, tampaknya tak ada masalah, karena selain ditunjang buku-buku di perpustakaan umum, mereka juga bisa mencari buku di toko-toko yang sudah lengkap, ” paparnya.

Sementara itu, Kepala Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kabupaten Cianjur, Djoni Rozali mengatakan melihat minat baca masyarakat Cianjur yang jika dipersentasekan mencapai 80 persen dari sebanyak 200.000 pengunjung yang ditargetkan. “Tentunya harus juga ditunjang dengan keberadaan perpustakaan digital atau online,” tegasnya.

Dia memaparkan, masyarakat tinggal satu klik saja, informasi mengenai berbagai katalog atau judul buku yang ada di perpustakaan umum Kantor Arpusda Kabupaten Cianjur bisa terakses. “Untuk mendorong minat baca masyarakat, kita juga terus menyosialisasikan program membaca buku kepada masyarakat melalui berbagai momen, ” imbuhnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s