Dinas Pendidikan Sumatera Utara Dirikan Perpustakaan Mini

Dunia PerpustakaaN || Dinas Pendidikan Sumatera Utara (Disdiksu) membangun perpustakaan “mini”. Tujuannya untuk meningkatkan minat baca masyarakat Kota Medan, khususnya kalangan pegawai di jajaran Disdiksu. Dijadwalkan, perpustakaan mini yang mengoleksi buku-buku pendidikan berkurikulum lama tersebut akan diresmikan pada 23 Oktober mendatang.

Hal tersebut dikatakan Kepala Disdiksu Drs Syaiful Syafri MM seperti dikutip dari medanbisnisdaily.com, Rabu (10/10) di Medan. Menurut mantan Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (Baperasda) Sumut ini, perpustakaan mini tersebut lebih berorientasi pada pelayanan pendidikan yang bermutu dan berkualitas, serta melakukan kegiatan sosial berupa pengabdian kepada masyarakat.

“Di perpustakaan mini tersebut  selain buku-buku pendidikan dengan kurikulum-kurikum yang telah digunakan di pendidikan Indonesia sebelumnya juga akan ada buku-buku dengan kurikulum berbasis kompetensi, “ujarnya.

Sehingga, dengan koleksi buku-buku tersebut, dapat dijadikan perbandingan metode pendidikan bagi para siswa di Sumut dalam meningkatkan mutu pendidikan di Sumut. Untuk itu, lanjutnya, diharapkan dengan tersedianya pelayanan buku-buku kepada seluruh masyarakat Sumut  dapat menjadi dorongan  untuk memperbanyak ilmu, tidak hanya diperoleh dari kampus, maupun sekolah,  melainkan dapat juga dilakukan  dengan cara membaca dan mencari bahan kuliah di Perpustakaan mini tersebut.

Menurut pengalaman saat menjadi kepala Baperasdasu, katanya, perpustakaan akan menawarkan berbagai jenis informasi, baik dalam bentuk cetak maupun rekam. Mulai dari sekedar informasi umum sampai kepada bahan riset untuk membuat karya-karya yang dipublikasi untuk umum.

“Apapun itu baik perpustakaan mini atau perpustakaan raksasa, akan menjadi alternatif lain untuk memperoleh pemahaman dasar atas perkembangan ilmu dan teknologi untuk membekali seseorang menguasai dan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari, “katanya.

Sehingga untuk menutupi kekurangan jumlah koleksi buku-buku di perpustakaan mini tersebut, katanya, para pengunjung akan juga diberi kemudahan untuk mengakses internet secara gratis melalui hotspot wifi.

“Untuk menambah suasana nyaman dalam memanfaatkan perpustakaan tersebut, juga akan disediakan kantin serta taman mini di seputaran perpustakaan mini tersebut, “ujarnya.

Disinggung jumlah buku yang tersedia, Syaiful menyebutkan kalau jumlah buku belum mampu dirincinya. Sebab, buku-buku tersebut merupakan sumbangsih dari seluruh pegawai dan beberapa donatur yang ?ªªù  menyumbangkan buku-buku bagi peningkatan minat baca di masyarakat.

“Saya belum dapat rincian jumlah buku yang terkumpul, tapi semua buku merupakan sumbangsih dari seluruh pegawai Disdiksu dan para donatur yang ingin menyumbangkan buku-bukunya untuk meningkatkan minat baca masyarakat, ” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s