Minat Baca Pelajar dan Masyarakat Kota Bogor Tinggi

Dunia PerpustakaaN || Minat baca pelajar dan masyarakat Kota Bogor, masih cukup tinggi. Ini bisa dilihat dengan masih banyaknya pelajar dan masyarakat yang mengunjungi Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah di Jalan Pemuda, untuk membaca.

Perpustakaan merupakan salah satu pusat pembelajaran yang memberikan kontribusi aktif dalam membangun minat dan kebiasaan membaca masyarakat. Menurut Kasi Sirkulasi Perpustakan Kota Bogor, Yanto Herdianto, minat baca di sana (Perpustakaan, red) cukup bagus. Rata-rata perhari ada 50 pengunjung baik pelajara, mahasiswa dan umum.

“Sekarang ini pengunjung didominiasi pelajar, baik yang ingin meminjam buku maupun hanya membaca di tempat. Perlu diketahui untuk menjadi anggota di sini gratis dan meminjam pun gratis. Tapi, kami membatas maksimal dua buku bisa dipinjam dengan jangka waktu satu minggu,” ujarnya sebagaimana dikutip dari Radar-Bogor.co.id (12/10/12).

Yanto menuturkan, buku di pepustakaan tergolong lengkap karena memiliki 40 ribu eksemplar, baik buku fiksi dan nonfiksi maupun buku ilmu pengetahuan. Sedangkan untuk buku pelajaran ada seribu eksemplar.

“Kami juga memiliki program untuk meningkatkan minat baca dengan mengadakan perpustakaaan keliling. Perpustakaan keliling ini akan mengunjungi 68 kelurahan di Kota Bogor,” paparnya.

Selama menjalankan program pepustakaan keliling ini, kata dia, petugas mengalami kesulitan untuk daerah-daerah terpencil. Sebab, masih banyak warga tidak mengertinya fungsi perpustakaan.

Sementara Staf Pengelola Perpustakaan Daerah, Kamaludin menututurkan, buku cetakan lama pun masih diminati mahasiswa. Biasanya, mereka mencari untuk referensi.

“Perpustakaan masih punya buku terbitan 1962, tapi kondisinya sudah rapuh karena termakan usia. Rencana akan kami perbarui dengan difotokopi agar bisa digunakan kembali,” pungkasnya.

ilustrasi gambar || pustakardok-metro.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s