Penyimpanan Arsip Daerah Kota Banjarbaru Kurang Baik

Dunia PerpustakaaN || Penyimpanan arsip-arsip penting daerah di Perpustakaan Arsip Daerah (Pustarda) Kota Banjarbaru sepertinya masih harus mendapat perhatian lebih.  Pasalnya, ruang penyimpanan arsip saat ini justru membuat arsip-arsip penting menjadi rawan rusak lantaran tak memperhatikan syarat tempat penyimpanan arsip.

Sebagaimana dikutip dari radarbanjarmasin.co.id (12/10/12), penyimpanan arsip di Pustarda Kota Banjarbaru menjadi satu dengan ruang kerja kearsipan.  Tak ada tirai yang melindungi arsip dari sinar cahaya matahari langsung, ataupun alat yang memadai untuk menjaga suhu tertentu sehingga arsip dalam bentuk ekrtas tidak mudah rusak.

Kepala Pustarda Kota Banjarbaru, Hj Nurliani mengakui hal tersebut.  Usai pelatihan aplikasi sistem kearsipan dinamis di lingkungan Pemkot Banjarbaru kemarin, Nurliani mengaku idealnya memang ada satu bangunan khusus yang dilengkapi dengan Roll Opack (brankas tahan api).

Dengan bangunan khusus katanya, kondisi arsip akan jauh lebih terjamin.  Sebab, bangunan khusus arsip akan dilengkapi dengan pendingin ruangan agar suhu di dalam ruangan tetap terjaga.

Penyimpanan fisik arsip ini diatur dalam keputusan Kepala ANRI No. 12 Tahun 2000.  Tempat penyimpanan arsip harus jauh dari lokasi yang berbahaya seperti, area penyimpanan bahan kimia, dapur, unit AC, kamar mandi atau basement yang bukan diperuntukkan sebagai tempat penyimpanan arsip.

Selain itu, jalan masuknya terkontrol dan terhindar dari unsur-unsur yang mengganggu keamanan arsip.

Kontrol lingkungan dilakukan secara tepat sesuai dengan jangka waktu simpan arsip.  Untuk menjaga kondisi fisik arsip tetap baik suhu dijaga agar tidak melebihi 27 Derajat Celcius dan mempunyai kelembaban tidak lebih dari 60 persen.  Pencahayaan langsung terhadap arsip dihindarkan.  Sirkulasi udara yang bebas dan segar.  Ruang penyimpanan arsip media magnetik harus terlindung dari medan magnet.

Tak hanya itu, tempat penyimpanan arsip juga harus memiliki program pencegahan bahaya untuk menjamin arsip tidak hilang dan ditangani secara baik.  Pencegahan kebakaran dan unsur lainnya termasuk pemasangan heat atau smoke detection, fire alarm, extinguisher, sprinkler system yang terpasang di masing-masing ruang atau lantai ruang penyimpanan arsip.

Kendati demikian katanya, dari sisi pengelolaan sejatinya sudah berkembang.  Bahkan aplikasi system kerasipan dinamis yang berfungsi mempermudah pengelolaan arsip daerah akan diterapkan di seluruh SKPD.

“Sistem ini sementara masih Offline, dan akan dikembangkan secara online,” tukasnya.

Ilustrasi gambar || hirangputihhabang.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s