Tingkatkan Minat Baca dengan Buku Murah Sesuai Minat

Dunia PerpustakaaN || Anak-anak perlu disediakan buku-buku bacaan murah yang sesuai dengan minat mereka agar minat membaca terus berkembang, kata pustakawan Soekarman Kertosedono.

“Untuk menumbuhkan minat baca, apakah sudah tersedia bacaan-bacaan yang terjangkau masyarakat dan yang dijangkau itu sebaiknya yang disenangi mereka,” kata Soekarman usai acara Gemilang Perpustakaan Nasional 2012 , di Jakarta,  seperti dikutip dari antaranews.com ,Kamis (11/10/12).

Dia mengatakan minat membaca generasi muda Indonesia tidak kalah dengan negara lain. “Minatnya saya kira anak-anak Indonesia tidak kalah dengan anak-anak dari negara lain,” kata pria kelahiran 1934 itu.

Menurut dia, buku-buku yang diperlukan bagi perkembangan jiwa anak, bukan hanya buku ilmu pengetahuan, tetapi buku yang bisa menumbuhkan karakter anak.

Soekarman yang didampingi istrinya, merasa bahagia mendapatkan penghargaan Lifetime Achievement dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas). Anugerah itu diberikan atas dedikasi Soekarman bagi perkembangan perpustakaan di seluruh Indonesia.

Soekarman dikenal sebagai salah satu tokoh pencetus berdirinya Perpusnas. Penerima bintang jasa utama dari Presiden pada tahun 2000 itu merupakan Pustakawan Utama Pertama yang dimiliki Indonesia.

Dia berharap keberadaan perpustakaan akan terus berkembang. Soekarman mengapresiasi banyaknya kalangan masyarakat yang telah mendirikan perpustakaan untuk umum.

“Mudah-mudahan lebih banyak lagi masyarakat yang bukan hanya menggunakan, tapi juga mendirikan perpustakaan untuk masyarakat,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s