Sekolah di Kabupaten Merangin Jambi Banyak Tidak Miliki Perpustakaan

Dunia PerpustakaaN || Belum semua sekolah memiliki perpustakaan di Merangin. Dari data yang diperoleh di Dinas Pendidikan (Disdik) Merangin baru 76 sekolah menengah dari 117 Sekolah Menengah yang ada. Angka ini jika ditotal sekitar 60 persen pustaka yang tergarap hingga tahun 2012.

Kabid SMP/SM M Zubir saat dikonfirmasi membenarkan angka tersebut. Dia menjelaskan, dari 84 SMP sederajat di Merangin telah terbangun 50 perpustakaan. Sedangkan SMA yang berjumlah 20 lembaga baru terbangun perpustakaan sebanyak 14 sekolah. Sementara untuk SMK jumlahnya sangat minim, dari 13 SMK se-Merangin baru 3 sekolah yang memiliki perpustakaan.
‘’SMP dan SMA telah lebih dari 50 persen pembangunan perpustakaan. Tapi SMK baru ada tiga sekolah saja,” katanya, seperti dikutip dari meranginekspres.com (13/10/12).
Dikatakannya, untuk membangun perpustakaan diseluruh sekolah di Merangin akan dilaksanakan bertahap. Hal itu karena anggaran tiap tahunnya yang terbatas.‘’Nanti secara bertahap akan kita bangun perpustakaan baik itu disekolah negeri maupun swasta,” tambahnya
Menurut Zubir, Pembangunan Perpustakaan di sekolah juga menjadi prioritas Disdik, ini karena pustaka merupakan sumber ilmu pengetahuan yang wajib diketahui oleh generasi bangsa.
Selain itu lanjutnya, pustaka juga bisa digunakan sebentuk ruang diskusi siswa dan guru untuk membahas semua persoalan dalam mata pelajaran tertentu.
‘’Ruang perpustakaan bukan saja tempat membaca, namun juga tempat berdiskusi bagi siswa dan guru,” ujarnya.

Oleh karena itu, Zubir mengharap pada sekolah yang telah memiliki perpustakaan agar dapat mengatur interior perpustakaan senyaman mungkin tanpa meninggalkan fungsi dari perpustakaan. Hal itu untuk menarik minat siswa-siswi disekolah agar mau membaca di perpustakaan. Dengan begitu wawasan siswa lebih luas lagi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s