Tenaga Perpustakaan di Kabupaten Sukamara Kalimantan Tengah Minim

Dunia PerpustakaaN || Keberadaan tenaga perpustakaan yang bertugas ditiap sekolah dinilai masih minim. Padahal, tenaga perpuskaan ini cukup menunjang proses belajar mengajar para siswa, apalagi saat jam sekolah kosong tentu perpustakaan menjadi tempat tujuan siswa.

Suratmanto, seorang asesor visitasi dari Kabupaten Sukamara di provinsi Kalimantan Tengah mengatakan, dari hasil visitasi yang dilaksanakan tiap tahunnya, tenaga perpustakaan terutama ditingkat Sekolah Dasar (SD) seluruhnya tidak memiliki tenaga perpustakaan sesuai dengan bidangnya.

“Hampir di seluruh sekolah tidak memiliki tenaga perpustakaan, begitu juga dengan perpustakaan yang ada di SMP dan SMA juga mengalami hal serupa. Tenaga perpustakaan saat ini langsung ditangani dewan guru secara bergantian,” kata Manto sebagaimana dikutip dari hariantabengan.com, Jumat (12/10).

Dijelaskannya, minimnya tenaga perpustakaan pada sekolah ini tentu harus menjadi perhatian, karena sebuah perpustakaan jika tidak dikelola oleh orang tidak sesuai bidangnya tentunya akan jauh dari harapan dari pihak sekolah sendiri, karena ketidakmengertian dari pengelola dalam mengelola perpustakaan.

Kemudian, untuk mengatasi masalah tersebut sebaiknya Pemerintah Daerah melalui Dinas Pendidikan (Disdik) melatih tenaga perpustakaan yang ada disetiap sekolah, agar dalam pengelolaan perpustakan sesuai dengan standar-standar yang diharapkan dan ditentukan.

Sementara, Kepala Sekolah MIN Sungai Cabag Barat Puji menuturkan, keberadaan tenaga perpustakaan tentu sangat diharapkan sekolah, dengan adanya perpustakaan tentu akan berdampak positif disekolah, dan adanya perpustakaan akan membuat sekolah benar-benar hidup.

“Harus kami akui pustakawan harus ada disetiap sekolah untuk mengurus perpustakaan, sehingga perpustakaan akan benar-benar hidup, oleh karena itu disetiap sekolah harus memiliki tenaga perpustakaan,” kata Muji.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s