KEPUASAN PEMUSTAKA TERHADAP PEMANFAATAN SOFTWARE SENAYAN DI PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI FAKULTAS KEDOKTERAN BAGIAN NEUROLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO

Dunia PerpustakaaN || Abstract : Penelitian ini berjudul Kepuasan Pemustaka Terhadap Pemanfaatan Software Senayan di Perpustakaan Perguruan Tinggi Fakultas Kedokteran Bagian Neurologi Universias Diponegoro. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan pemustaka terhadap pemanfaatan software perpustakaan yang terpasang di Perpustakaan Peruruan Tinggi Bagian Neurologi Universitas Diponegoro. Software perpustakaan yang terpasang adalah software senayan dengan versi portabel atau psenayan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik analisis data yang menggunakan model interaktif menurut Miles & Huberman (1986) berupa reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah lima orang residen. Pemilihan residen untuk menjadi informan dalam penelitian harus memenuhi kriteria tertentu dan berdasarkan tujuan tertentu (purposive sampling). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi pustaka. Berdasarkan analisis data terhadap hasil wawancara yang telah dilakukan oleh peneliti, diperoleh simpulan bahwa sebagian besar merasa puas setelah memanfaatkan software senayan yang dipasang di Perpustakaan Perguruan Tinggi Bagian Neurologi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.Kepuasan para residen dapat tersirat dari setiap jawaban yang mewakili lima indikator kepuasan, isi (content), akurasi (accuracy), format (format), kemudahan (easy of use) dan ketepatwaktuan (timeliness).

Kesimpulan terakhir dari penelitian adalah para residen merasa puas terhadap software senayan dikarenakan kemudahan senayan guna mencari koleksi perpustakaan.

Keywords: Kepuasan Pemustaka; Software Senayan; Perpustakaan Perguruan Tinggi Fakultas Kedokteran Bagian Neurologi Universitas Diponegoro.

Full Text: FULL TEXT PDF

Penulis : Dewi Maharani Rachmaningsih, Sri Ati

sumber || http://ejournal-s1.undip.ac.id

One response to “KEPUASAN PEMUSTAKA TERHADAP PEMANFAATAN SOFTWARE SENAYAN DI PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI FAKULTAS KEDOKTERAN BAGIAN NEUROLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO

  1. Dalam rangka peningkatan sumberdaya manusia di bidang perpustakaan khususnya yang berkaitan dengan teknologi informasi, pada tanggal 16 s.d. 17 April 2010 dielenggarakan “Pelatihan Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan” menggunakan software SENAYAN OPEN SOURCE di UPT Perpustakaan UNSOED. Peserta pelatihan berasal dari Pustakawan di lingkungan Unsoed dan Pustakawan/Pengelola Perpustakaan Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Banyumas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s