Museum Probolinggo Dorong Kemajuan Seni Budaya

Dunia PerpustakaaN || Salah satu keunikan dari museum Kota Probolinggo ialah adanya pertunjukan seni, seperti gamelan tradisional hingga musik jazz.

Hal itu menjadikan Museum Probolinggo berbeda, karena selain memiliki benda- benda bersejarah seperti perahu tradisional, replika benda-benda purbakala, patung Kerapan Kambing, Batik Kota Probolinggo, serta Uang Kertas zaman kemerdekaan.

“Museum Probolinggo diresmikan pada Mei 2009 atas inisiasi Wali Kota Probolinggo H. M. Buchori pada waktu itu. Museum Probolinggo ini juga difungsikan untuk pergelaran pentas seni dan inilah salah satu keunikan dari Museum Probolinggo ini,” ujar Ade Sidik Permana seperti dikutip dari PedomanNEWS.Com kamis (19/10) di Museum Probolinggo Jl. Sutoyo.

Menurut Ade Sidik Permana pihak museum mendorong sepenuhnya ketika ada sekolah, lembaga, atau asosiasi, yang ingin mengadakan pertunjukan seni budaya di Museum Probolinggo.

“Kita juga menjadikan museum bukan hanya sebagai museum sejarah tetapi juga sebagai pusat kesenian dan kebudayaan, kita mencoba menerapkan manajemen modern dalam pengelolaan museum ini,” ujar Ade lagi menambahkan.

“Museum ini difungsikan bukan hanya untuk transfer keilmuan saja secara konvensional, tetapi Museum Probolinggo juga difungsikan sebagai media untuk bertemunya masyarakat sehingga ada semacam dialektika yang membangun untuk kemajuan seni dan budaya di Kota Probolinggo,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s