Perpustakaan SMA Negeri 1 Narumonda Tidak Berfungsi

Dunia PerpustakaaN || Anggota DPRD Tobasa asal daerah pemilihan (dapil) III menemukan perpustakaan dan laboratorium bahasa SMA Negeri 1 Narumonda, Kecamatan Siantar Narumonda tidak bisa digunakan sama sekali.  Rusaknya master controlling lab dan ketiadaan meja dan kursi serta buku referensi baru pada perpustakaan menjadi penyebab utama kedua sarana ini tidak dapat digunakan siswa.

“Inilah gambarannya, kalau Dinas Pendidikan hanya kaya konsep, realitas programnya sangat minim. Masa perpustakaan dan laboratorium bahasa tidak bisa digunakan siswa,” kata Jojor Marintan Napitupulu sebagaimana dikutip dari metrosiantar.com (20/10/12), di hadapan Kepala Sekolah Piner Sihotang dan sejumlah tenaga pengajar disekolah itu, Kamis (18/10).

Menurut amatan sejumlah wartawan yang turut bersama rombongan anggota DPRD Tobasa dari Dapil III, kondisi perpustakaan SMA Negeri 1 Narumonda sangat memprihatinkan.  Pasalnya di perpustakaan hanya ada loker berjejer berisi buku referensi cetakan lama, tidak ada meja dan kursi yang layak digunakan. Listrik juga demikian, tidak ada yang berfungsi untuk memberikan penerangan di ruang tersebut, sehingga perpustakaan terlihat jelas tidak digunakan siswa untuk menambah ilmunya.

Laboratorium bahasa SMA Negeri tersebut juga mengalami nasib serupa, tidak dapat digunakan oleh siswa/siswi untuk meningkat kemampuannya, karena master controllingnya rusak.  Selain itu, di Laboratorium Komputer SMA Negeri 1 Narumonda ditemukan juga komputer sebanyak 15 unit, namun yang bisa digunakan tidak lebih dari 3 (tiga) unit. Sementara disatu sisi meja dan kursinya masih tampak baru.

“Inilah SMA satu-satunya yang ada di sekitar Kecamatan Porsea dan Siantar Narumonda. Karena itu harusnya SMA ini sudah mendapat perhatian khusus dari Dinas Pendidikan, tetapi kenyataan begitinilah, laboratorium bahasa dan perpustakaannya cukup memprihatinkan, begitu juga komputernya tidak ada yang dapat digunakan sebagaimana fungsinya,” ujar Jojor dengan nada kesal. Serupa disebutkan Ketua DPRD Sahat Panjaitan. Karena hanya SMA itu satu-satunya SLTA yang ada di Porsea dan Siantar Narumonda, semua fasilitas yang sudah rusak harus dibenahi.

“Silahkan usulkan, nanti akan kita perjuangkan,” imbau Sahat kepada Kepala Sekolah Piner Sihotang yang diketahui baru memasuki tiga bulan sebagai Kasek di sekolah tersebut.  Menanggapi kondisi itu, Piner Sihotang tidak bisa mengomentari banyak. Namun dia berharap menunggu usulan perbaikan sarana prasarana yang rusak ditampung di APBD Tahun Anggaran 2013, masyarakat dapat berperan aktif membantu sekolah tersebut, demi kelancaran proses belajar mengajar guna mewujudkan pendidikan yang bermutu serta berkualitas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s