Anggaran Perpustakaan Daerah Kota Pontianak Rp 4,6 Miliar

Duia PerpustakaaN || Kepala Arpusda Kota Pontianak Abdul Hadi mengatakan Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kota Pontianak memiliki anggaran lebih-kurang Rp 4,6 miliar untuk pengembangan dan kemajuan perpustakaan lokal.

“Anggaran yang cukup besar itu bukan hanya berasal dari anggaran Arpusda. Perinciannya, Rp 2 miliar anggaran Arpusda sendiri, sementara Rp 1,6 miliar merupakan bantuan dari Provinsi Kalbar untuk memperkuat jaringan perpustakaan Kota Pontianak,” ungkapnya kepada wartawan.

Menurutnya, selain itu Kota Pontianak juga mendapat bantuan lebih-kurang Rp 1 miliar merupakan hasil kemenangan kompetisi dari salah satu merek dagang internasional, karena Arpusda dianggap layak memperoleh bantuan pengembangan tersebut.

“Ini suatu kebanggaan bagi kita, karena dipercaya salah satu merek dagang untuk mengonsep perpustakaan modern dengan nilai bantuan Rp 1 miliar. Nah, uniknya, perpustakaan ini nantinya lebih dikhususkan kepada remaja, wanita, dan usahawan yang ingin belajar lebih banyak tentang usaha,” paparnya, sebagaimana dikutip dari equator-news.com (21/10/12).

Sementara untuk anggaran Rp 2 miliar sendiri lebih dikhususkan pada penataan perpustakaan lebih luas dengan buku yang lebih banyak. Tidak hanya buku umum saja, tetapi Arpusda akan memprioritaskan buku yang best seller.

Tidak hanya itu, penataan perpustakaan akan dikonsep sedemikian rupa menyerupai Gramedia dengan akses internet yang tidak terbatas. Sehingga memudahkan pengunjung yang datang betah berlama-lama di perpustakaan daerah tersebut.

“Anggaran itu lebih ke internet pengembangan konsep perpustakaan lebih baik lagi, di mana tidak hanya menyediakan bacaan yang biasa saja. Tetapi kita juga mampu memberikan bacaan yang best seller. Nantinya akan kita hadirkan setiap harinya,” terang Hadi.

Untuk anggaran bantuan provinsi yang mencapai Rp 1,6 miliar, lanjut Hadi, lebih dititikberatkan terhadap ekspansi pembangunan dan pengembangan perpustakaan di setiap kelurahan, sehingga seluruh lapisan warga bisa menikmati bacaan secara gratis dengan konsep yang modern.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s