Perpustakaan Keliling Harmoniskan Hubungan RI-Sudan

Dunia PerpustakaaN || Hubungan baik antara Indonesia-Sudan telah terjalin sejak lama. Beberapa bulan lalu, keduanya sepakat untuk meningkatkan hubungan bilateral, salah satunya di bidang pengetahuan.

Untuk menindaklanjuti hal tersebut, Duta Besar Indonesia untuk Sudan meminta Polri menyumbangkan perpustakaan keliling ke Al Fasher.

Dubes Indonesia untuk Sudan, Sujatmiko, mengatakan perpustakaan keliling akan membantu masyarakat yang ada di pengungsian untuk keluar dari akar masalah, yaitu kemiskinan. Sebab, masyarakat di pengungsian harus mulai belajar hidup mandiri.

“Kita kan memberi pancingannya, bukan ikannya,” ujarnya saat menerima kunjungan tim penerima medali Persatuan Bangsa-Bangsa dari Mabes Polri, di kantornya, Khartoum, Sudan, seperti dikutip dari mediaindonesia.com ,Minggu (21/10).

Selain itu, Sujatmiko mengusulkan agar Polri memberikan sumbangan kepada masyarakat di Al Fasher berupa puskesmas keliling.

Sudan merupakan negara yang terletak di timur laut benua Afrika. Sebelum terpecah menjadi dua negara pada Juli tahun lalu, Sudan merupakan negara terluas di Afrika. Kini, negara itu terbagi menjadi Sudan dan Sudan Selatan.

Sudan Selatan memilih untuk berpisah menyusul perjanjian perdamaian pada 2005 yang mengakhiri puluhan tahun perang saudara.

Namun, keduanya tidak pernah sepakat terkait biaya transit yang harus dibayarkan oleh pemerintah Sudan Selatan di Juba untuk memompa minyak melalui pipa dan menggunakan infrastruktur ekspor minyak Sudan.

Ilustrasi Gambar || unhcr.org

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s